Minggu, 18 Desember 2011

PENGAMEN DAN PENGEMIS JALANAN

      Pernahkah diantara kalian sering melihat para pengemis menengadahkan tangannya? Atau pengamen yang ngamen di jalanan baik itu laki perempuan tua  muda bahkan anak-anak di bawah umur ??.Pastinya  jawaban kalian pernah atau yang lebih tepatnya adalah sering. Kadang kita merasa kasihan atau iba tapi kadang kita merasa kesal dengan adanya mereka. Ada yang berpenampilan compang camping, ada yang sengaja membawa anaknya, bahkan ada yang sengaja berpenampilan seram hanya untuk menakut nakuti penumpang yang ada di dalam kendaraan kota atau angkot.
      
      Bisa dikatakan pengemis atau pengamen itu di jalanan memang sebuah fakta antara benar-benar miskin, pemalas atau penipu. Seorang ustad pernah menasihati saya. Katanya, pemberian yang ikhlas akan mendapatkan pahala sedekah berlipat ganda, tak peduli apakah kita bersedekah kepada pengemis yang benar-benar miskin atau penipu yang pura-pura miskin. Kalau ingin bersedekah, maka bersedakahlah dan anda akan memperoleh kebaikan berlipat ganda.  Dari pengemis dan pengamen yang saya pernah lihat  banyak diantara merekja bertubuh sehat tidak kekurangan sesuatu apapun kecuali itu adalah kakek atau nenek yang berusia lanjut ataupun yang yang mempunyai kekurangan fisik di dalam dirinya, yang saya heran di sini adalah Mengapa mereka yang bertubuh sehat dan masih muda tidak ada usaha atau berjuang mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupya.
 
      Padahal masih banyak pekerjaan yang mereka bisa lakukan walaupun upah yang diterima tidak besar tetapi setidaknya itu masih lebih baik dibandingkan mereka harus mengamen dan meminta minta pada orang lain. Selain itu pemerintah juga kurang memperhatikan rakyatnya oleh sebab itu masih banyak gelandangan, pengamen, dan pengemis di jalanan. Ada bantuan Biaya langsung Tunai atau yang di sebut BLT yang di berikan kepada orang-orang kurang mampu, kalau saya pikir-pikir  inilah yang menjadi penyebab dari kemalasan yang timbul sehingga sebagian dari mereka banyak yang enggan bekerja “ bukan sebagai pengemis atau pengamen” melainkan adalah kerja yang layak, sebagian dari mereka justru terus mengharapkan BLT tersebut. Inilah yang menyebabkan bangsa kita tidak berkembang atau maju seperti negara lain. Keadaan ini sebenarnya sangat memprihatinkan, mengapa dan bagaimana hal itu terus terjadi di Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan bangsa kita tidak maju dan terus berkembang. Memang ekonomilah yang menjadi permasalahan selama ini.  Banyak anggapan banyak anak maka banyak rezeki, tetapi ungkapan ini menurut saya tidak sesuai dengan keadaan masyarakat kita sekarang, banyak diantara beribu orang yang terhimpit oleh faktor ekonomi tidak menyadari itu. Seharusnya mereka sadar apabila mereka belum bisa atau mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya jangan terlalu banyak mempunyai anak cukup 2 atau 3 saja, dan mereka seharusnya juga mengikuti program KB yang sudah di canangkan oleh pemerintah.
      Dari hal tersebut  saya pernah melihat seorang ibu membawa banyak anak dari 5-8 orang di dalam kendaraan umum, saya merasa terheran melihat ibu ini karena pakaian yang di pakai terlihat kusam dan terlihat compang camping begitu juga dengan anaknya bukan saya ingin meledek atau merasa jijik tapi saya sangat prihatin melihat keadaan ibu tadi. Dalam hati saya masih terheran, sampai pada suatu saat  ada seorang penumpang dari angkot yang saya dan bertanya mengapa ibu tidak menyuntik KB, tapi ibu itu hanya terdiam seolah tidak peduli.
       
      Karena hal inilah si ibu tadi tidak mampu untuk memenuhi beban kebutuhannya. Dan lagi salah satu anaknya ada yang hilang entah tidak tau kemana apa di culik orang atau di jadikan pengemis tidak ada yang tahu.
      
      Dan kesimpulannya saya di sini hanya mengajak masyarakat untuk terus berjuang bekerja selagi tubuh kita masih dalam keadaan  normal, kadang oarang yang kekurangan fisik saja mau berusaha bekerja. Jadi kita sebagai bangsa Indonesia hendaknya jangan bermalas malasan karena hal itulah yang membuat Indonesia tidak maju.

1 komentar:

  1. Situs Terbaik QQ96ACE .ONLINE
    Menawarkan Bonus di situs judi online kita
    Minimal deposit 25rb
    Newmember Bonus 10rb
    Bonus harian 20%
    Poker Freechips 5rb setiap hari
    WA +62 823 6229 3153
    Info Lebih Lengkap Hubungi Kami :
    WA +62 823 6229 3153
    BBM : 96ACEIDN
    Line : 96ACEIDN
    IG : QQ96INDO

    BalasHapus